Senin, 24 Juni 2013

analisa manajemen strategik pada pt pos indonesia



I.                    Sejarah PT Pos Indonesia (Persero)

Sejarah mencatat keberadaan Pos Indonesia begitu panjang, Kantorpos pertama didirikan di Batavia (sekarang Jakarta) oleh Gubernur Jendral G.W Baron van Imhoff pada tanggal 26 Agustus 1746 dengan tujuan untuk lebih menjamin keamanan surat-surat penduduk, terutama bagi mereka yang berdagang dari kantor-kantor di luar Jawa dan bagi mereka yang datang dari dan pergi ke Negeri Belanda. Sejak itulah pelayanan pos telah lahir mengemban peran dan fungsi Pelayanan kepada publik. Setelah Kantorpos Batavia didirikan, maka empat tahun kemudian didirikan Kantorpos Semarang untuk mengadakan perhubungan pos yang teratur antara kedua tempat itu dan untuk mempercepat pengirimannya. Rute perjalanan pos kala itu ialah melalui Karawang, Cirebon dan Pekalongan.
Perubahan Status Pos Indonesia Pos Indonesia telah beberapa kali mengalami perubahan status mulai dari Jawatan PTT (Post, Telegraph dan Telephone). Badan usaha yang dipimpin oleh seorang Kepala Jawatan ini operasinya tidak bersifat komersial dan fungsinya lebih diarahkan untuk mengadakan pelayanan publik. Perkembangan terus terjadi hingga statusnya menjadi Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi (PN Postel). Mengamati perkembangan zaman dimana sektor pos dan telekomunikasi berkembang sangat pesat, maka pada tahun 1965 berganti menjadi Perusahaan Negara Pos dan Giro (PN Pos dan Giro), dan pada tahun 1978 berubah menjadi Perum Pos dan Giro yang sejak ini ditegaskan sebagai badan usaha tunggal dalam menyelenggarakan dinas pos dan giropos baik untuk hubungan dalam maupun luar negeri. Selama 17 tahun berstatus Perum, maka pada Juni 1995 berubah menjadi Perseroan Terbatas dengan nama PT Pos Indonesia (Persero).
Dengan berjalannya waktu, Pos Indonesia kini telah mampu menunjukkan kreatifitasnya dalam pengembangan bidang perposan Indonesia dengan memanfaatkan insfrastruktur jejaring yang dimilikinya yang mencapai sekitar 24 ribu titik layanan yang menjangkau 100 persen kota/kabupaten, hampir 100 persen kecamatan dan 42 persen kelurahan/desa, dan 940 lokasi transmigrasi terpencil di Indonesia. Seiring dengan perkembangan informasi, komunikasi dan teknologi, jejaring Pos Indonesia sudah memiliki 3.700 Kantorpos online, serta dilengkapi elektronic mobile pos di beberapa kota besar. Semua titik merupakan rantai yang terhubung satu sama lain secara solid & terintegrasi. Sistem Kode Pos diciptakan untuk mempermudah processing kiriman pos dimana tiap jengkal daerah di Indonesia mampu diidentifikasi dengan akurat.


II.               Visi PT Pos Indonesia (Persero)

Menjadi pemimpin pasar di Indonesia dengan menyediakan layanan suratpos, paket, dan logistik yang handal serta jasa keuangan yang terpercaya.
III.           Misi PT Pos Indonesia (Persero)
Berkomitmen kepada pelanggan untuk menyediakan layanan yang selalu tepat waktu dan nilai terbaik.
Berkomitmen kepada karyawan untuk memberikan iklim kerja yang aman, nyaman dan menghargai kontribusi.
Berkomitmen kepada pemegang saham untuk memberikan hasil usaha yang menguntungkan dan terus bertumbuh.
Berkomitmen untuk berkontrubusi positif kepada masyarakat.
Berkomitmen untuk berperilaku transparan dan terpercaya kepada seluruh pemangku kepentingan.


IV.           Budaya Perusahaan

Visi dan misi Perusahaan merupakan sumber dari segala sistem yang menjadi acuan  dari semua nilai, prinsip, etika dan kebijakan manajemen dalam menjalankan bisnisnya. Berdasarkan  Keyakinan Dasar dan Nilai Dasar yang dianut oleh Perusahaan yang dijabarkan dalam bentuk Etika Bisnis yang mengatur bagaimana hubungan antara Perusahaan dengan pihak-pihak yang terkait. Keseluruhan  nilai tersebut lambat laun akan membentuk suatu budaya yang menjadi karakter bagi Perusahaan.

http://wira010288.files.wordpress.com/2010/02/visi1.gif?w=500&h=220
Keyakinan Dasar perusahaan adalah mempunyai karyawan yang bertalenta (talented people), keunggulan layanan (excellence service), nilai-nilai bagi kastemer (customer values) dan pertumbuhan kinerja keuangan yang tinggi dan berkelanjutan (sustainable outstanding financial performance)
Nilai Dasar perusahaan adalah regangkan tujuan (streching goals), integritas (integrity), berfikit kesisteman (system thinking), berani dan bertanggungjawab (courage and responsible) dan penghargaan berbasis kinerja (reward based on performance)

ETIKA BISNIS
http://wira010288.files.wordpress.com/2010/02/etika.gif?w=500&h=345
Keterangan :
http://wira010288.files.wordpress.com/2010/02/garis_002.gif?w=500
menunjukkan hubungan internal
http://wira010288.files.wordpress.com/2010/02/panah.gif?w=500
menunjukkan hubungan eksternal

PRINSIP UMUM :
Etika Bisnis menjelaskan bagaimana Perusahaan dan jajarannya  bersikap, bertindak  dan   beretika  dalam berhubungan dengan pihak-pihak yang terkait dengan Perusahaan (stakeholders), baik itu pihak dari luar Perusahaan maupun dari dalam Perusahaan.
Yang dimaksud Perusahaan adalah unsur-unsur yang terdiri dari Komisaris, Direksi, jajaran manajemen dan seluruh karyawan PT Pos Indonesia ( Persero ), yang  dalam menjalankan bisnisnya :
1.  Secara konsisten menjalankan kewajiban dengan mematuhi dan mentaati undang-undang serta peraturan yang berlaku;
2.  Selalu meningkatkan rasa solidaritas dan kebersamaan antara karyawan, pensiunan beserta seluruh keluarganya;
3.  Menghindari situasi yang dapat menimbulkan konflik kepentingan pribadi;
4.  Tidak diperkenankan memberi atau menerima segala bentuk imbalan, baik langsung maupun tidak langsung yang dapat mempengaruhi pengambilan kebijakan;
5.  Mendorong semangat efisiensi berdasarkan pertimbangan kondisi keuangan perusahaan.
AFILIASI
Afiliasi adalah institusi yang memiliki keterkaitan dengan usaha-usaha bisnis perusahaan baik langsung maupun  tidak langsung.
Secara bersama- sama  dan antar institusi afiliasi :
1.      Perusahaan  membangun dan melaksanakan kerjasama  untuk mencapai sinergi dalam berbagai  kegiatan;
2.       Perusahaan menerapkan kebijakan bisnis dan sosial baik di tingkat nasional, regional maupun internasional.
INVESTOR
Investor adalah seseorang atau lembaga yang menyertakan modalnya pada kegiatan usaha perusahaan.
Dalam segala bentuk interaksi dengan investor :
1.      Perusahaan menerapkan perlakuan yang seimbang/proporsional terhadap hak dan kewajiban investor;
2.      Perusahaan memberikan informasi yang aktual, akurat dan prospektif  kepada investor;
3.      Perusahaan berupaya memberikan benefit yang optimal dan menjaga citra yang baik untuk meningkatkan nilai investasi;
4.      Perusahaan harus selektif dalam memilih investor untuk mengembangkan usaha.
KARYAWAN
Karyawan adalah individu yang bekerja pada perusahaan dengan menerima upah  berdasarkan hubungan kerja.
Dalam melakukan hubungan kerja dengan karyawan :
1.      Perusahaan menghargai dan menghormati hak-hak asasi manusia secara universal, dan hak-hak serta kewajiban karyawan berdasarkan peraturan- perundangan yang berlaku dalam perusahaan;
2.      Perusahaan memberi kesempatan yang sama terhadap karyawan  dengan tidak membeda-bedakan berdasarkan senioritas, gender, suku, agama, ras dan golongan masyarakat;
3.      Perusahaan memperlakukan karyawan sebagai aset perusahaan ( human capital ), oleh karena itu perusahaan harus menghargai dan meningkatkan kompetensi dan karakternya;
4.      Perusahaan senantiasa berupaya membangun dan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif , suasana keterbukaan dan komunikasi dua arah;
5.      Perusahaan menerapkan prinsip – prinsip penghargaan dan pengakuan    ( reward and recognition ) sesuai dengan prestasinya;
6.       Perusahaan harus secara tegas, objektif, dan berkeadilan dalam mengenakan sanksi terhadap setiap  pelanggaran yang dilakukan oleh Komisaris, Direksi, dan Karyawan.
MASYARAKAT
Masyarakat adalah Individu atau kelompok di luar Perusahaan yang memiliki hubungan langsung maupun tidak langsung dengan kegiatan Perusahaan.
Dalam berinteraksi dengan masyarakat:
1.      Perusahaan turut serta mengambil bagian dalam program mencerdaskan masyarakat;
2.      Perusahaan turut serta mendukung program peningkatan kesehatan masyarakat dan memelihara lingkungan yang bersih dan sehat;
3.      Perusahaan menghormati hak asasi manusia, aspek sosial budaya, keyakinan dan agama serta menjunjung tinggi adat istiadat masyarakat setempat.
MEDIA MASSA
Media Massa merupakan institusi yang bergerak dalam bidang komunikasi  meliputi media cetak, media elektronik dan media maya dengan tujuan untuk menyampaikan informasi, edukasi dan hiburan.
Dalam berinteraksi dengan Media Massa :
1.      Perusahaan menyampaikan informasi resmi melalui unit yang relevan melalui media yang ditunjuk secara selektif;
2.      Perusahaan menyampaikan informasi secara terbuka dan intensif kepada masyarakat guna memperoleh pemahaman, dukungan, serta citra positif perusahaan;
3.      Perusahaan menyampaikan informasi berdasarkan fakta dan data yang relevan sesuai dengan perkembangan perusahaan;
4.      Perusahaan menyampaikan informasi yang berimbang atas hal-hal yang menyangkut perusahaan yang telah diketahui masyarakat luas;
5.      Perusahaan membina kemitraan yang harmonis dengan lingkungan media massa.

MITRA KERJA
Mitra Kerja merupakan institusi yang berbadan hukum atau perorangan yang   melakukan interaksi dan kerjasama dengan unit kerja perusahaan untuk kepentingan tujuan perusahaan.
Dalam interaksi dan kerja sama dengan pihak eksternal :
1.      Perusahaan menjunjung prinsip kesetaraan dan saling percaya ( mutual trust ) berdasarkan prinsip keadilan;
2.      Perusahaan berpedoman pada peraturan perundangan yang berlaku;
3.      Setiap organ perusahaan dan karyawan dilarang mempunyai benturan kepentingan;
4.      Segala kesepakatan diwujudkan dalam dokumen tertulis berdasarkan prinsip saling menghormati dan saling memberi manfaat ( mutual benefit );
5.      Pemilihan mitra berdasarkan prinsip bersih, transparan, dan profesional.
6.      Dalam interaksi dan kerjasama dengan pihak internal :
7.      Menjunjung prinsip kesetaraan, saling percaya dan mengedepankan kompetensi;
8.      Mempermudah dan mempercepat seluruh proses dan kegiatan perusahaan;
9.      Seluruh  proses dan kegiatan perusahaan didasarkan pada prinsip mata rantai nilai ( Value chain ).
PELANGGAN
Pelanggan adalah pembeli atau pemakai produk atau jasa yang dihasilkan dan atau dijual perusahaan.
Dalam segala bentuk interaksi dengan Pelanggan :
1.      Perusahaan menghormati hak-hak pelanggan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
2.      Perusahaan memenuhi komitmennya atas aspek kualitas, harga dan layanan purna jual sesuai dengan standar yang berlaku;
3.      Perusahaan memberikan perlakuan yang sama kepada semua pelanggan;
4.      Perusahaan tidak diperkenankan memberi atau menerima segala bentuk imbalan di luar ketentuan yang berlaku baik langsung maupun tidak langsung yang berkaitan dengan layanan yang diberikan;
5.      Perusahaan menjaga kerahasiaan informasi pelanggan;
6.      Perusahaan mengacu pada etika dan peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam melaksanakan promosi.
PEMASOK
Pemasok merupakan mitra usaha yang bergerak di bidang usaha penyediaan barang dan atau jasa yang meliputi vendor, kontraktor, konsultan, dan leveransir.
Dalam pengadaan barang dan atau jasa :
1.      Perusahaan tetap memperhatikan prinsip saling menguntungkan, efisiensi, dan efektivitas pengadaan;
2.      Perusahaan mengedepankan kepentingan perusahaan di atas kepentingan pribadi maupun unit organisasi;
3.      Perusahaan menjaga hubungan baik dengan pemasok  secara wajar dan senantiasa menjaga citra perusahaan di mata pemasok;
4.      Perusahaan menghindari pemasok yang memiliki hubungan keluarga dengan pengambil keputusan dan atau adanya benturan kepentingan;
5.      Perusahaan memberikan kesempatan berusaha yang sama kepada para calon pemasok dan tidak bertindak diskriminatif dengan tetap mengacu pada ketentuan yang berlaku;
6.      Perusahaan tidak diperkenankan memberi dan atau menerima imbalan dalam bentuk apapun baik langsung maupun tidak langsung yang dapat mempengaruhi pengambilan kebijakan;
7.      Perusahaan melakukan tender terbuka secara transparan dan dapat dipertanggungjawabkan dengan melibatkan calon pemasok yang memiliki reputasi dan track record yang baik;
8.      Perusahaan menuangkan semua bentuk kesepakatan dalam suatu dokumen tertulis yang disusun berdasarkan itikad baik dan saling menguntungkan;
9.      Perusahaan menjaga kesepakatan dengan pihak pemasok sesuai hak dan kewajiban yang telah ditetapkan.
PEMEGANG SAHAM
Pemegang Saham adalah setiap individu atau lembaga yang tercatat dalam Daftar Pemegang  Saham (DPS) Perusahaan.
Dalam segala bentuk interaksi dengan pemegang saham:
1.      Perusahaan memperlakukan pemegang saham sesuai dengan Anggaran Dasar Perusahaan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
2.      Perusahaan berusaha memberikan kinerja yang optimal dan menjaga citra yang baik untuk meningkatkan nilai bagi pemegang saham (shareholder value);
3.      Perusahaan berupaya menjalankan misi sosial sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku  dengan mendapat dukungan penuh dari pemegang saham.
PENYELENGGARA NEGARA
Penyelenggara Negara adalah institusi pelaksana kenegaraan beserta aparaturnya yang meliputi legislatif, eksekutif, yudikatif dan lembaga lainnya, baik di tingkat pusat maupun daerah.
Dalam berhubungan dengan penyelenggara negara :
1.      Perusahaan menjalin hubungan yang harmonis dan konstruktif atas dasar prinsip-prinsip kejujuran, keterbukaan dan saling menghargai;
2.      Perusahaan senantiasa berusaha mendukung program-program nasional maupun regional.


PESAING
Pesaing adalah perusahaan lain yang bergerak dalam bidang jasa/layanan yang sejenis dengan usaha yang dijalankan oleh perusahaan.
Dalam segala bentuk interaksi dengan pesaing :
1.      Perusahaan menjaga terciptanya persaingan yang adil, sehat dan transparan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
2.      Perusahaan dapat mengembangkan kerjasama dengan pesaing berdasarkan prinsip saling menguntungkan yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan;
3.      Perusahaan tidak dibenarkan mendiskreditkan pesaing dalam kegiatan pemasaran;
4.      Perusahaan dapat mengumpulkan data/informasi pesaing sejauh tidak  melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku;
5.      Komisaris, Direksi dan Karyawan dilarang ikut serta dalam usaha perusahaan pesaing baik secara langsung maupun tidak langsung.
SERIKAT PEKERJA :
Serikat Pekerja adalah organisasi yang dibentuk dari, oleh dan untuk karyawan di perusahaan yang bersifat bebas, terbuka, mandiri, demokratis dan bertanggung jawab guna memperjuangkan, membela serta melindungi hak-hak dan kepentingan pekerja serta meningkatkan kesejahteraan pekerja dan keluarganya.
Dalam berhubungan dengan serikat pekerja:
1.      Perusahaan memberikan kesempatan kepada setiap anggota Serikat Pekerja untuk melaksanakan hak berserikat sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
2.      Perusahaan berkomitmen untuk melaksanakan ketentuan-ketentuan yang dimuat dalam Perjanjian Kerja Bersama.


V.             Marketing Mix ( Price, Product, Place, Promotin)
Price
Harga merupakan alat untuk mengukur nilai suatu barang, harga bagi produsen merupakan penentu bagi permintaan pasar dan mempengaruhi posisi pesaing perusahaan dalam merebut konsumen.
Harga merupakan indicator dari pada barang, dalam menetapkan harga perlu hati-hati dalam memperhatikan potensi pasar. Oleh sebab itu, menentukan harga perlu diperhatikan agar harga yang ditetapkan dapat dijangkau oleh konsumen disamping itu dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan.


TARIF WESELPOS DOMESTIK

No.
Produk
Minimum
BSU (Rp)
Maksimum
BSU (Rp)
Tarif (Rp)
PPN (Rp)
Waktu
Tempuh
1
INSTAN
0
200,000
15,000
0
H+0
2
INSTAN
200,000
1,000,000
27,000
0
H+0
3
INSTAN
1,000,000
5,000,000
27,000
0
H+0
4
INSTAN
5,000,000
10,000,000
30,000
0
H+0
5
INSTAN
10,000,000
15,000,000
35,000
0
H+0
6
INSTAN
15,000,000
20,000,000
45,000
0
H+0
7
INSTAN
20,000,000
25,000,000
55,000
0
H+0
8
PRIMA
0
200,000
10,000
0
H+1
9
PRIMA
200,000
1,000,000
15,000
0
H+1
10
PRIMA
1,000,000
5,000,000
20,000
0
H+1
11
PRIMA
5,000,000
10,000,000
25,000
0
H+1
12
PRIMA
10,000,000
15,000,000
30,000
0
H+1
13
PRIMA
15,000,000
20,000,000
40,000
0
H+1
14
PRIMA
20,000,000
25,000,000
50,000
0
H+1
15
ZAKAT
0
25,000,000
0
0
H+0
16
INFAQ SHADAQAH
0
25,000,000
0
0
H+0
17
QURBAN SAPI
0
25,000,000
0
0
H+0
18
QURBAN KAMBING
0
25,000,000
0
0
H+0


Tarif Weselpos Luar Negeri

No.
Besar Uang Setor/Kirim
Biaya
1
s/d Rp. 500.000
Rp. 20.000,-
2
>Rp. 500.000   s/d  Rp. 1.000.000
Rp. 25.000,-
3
>Rp. 1.000.000 s/d Rp. 3.000.000
Rp. 40.000,-
4
>Rp. 3.000.000 s/d Rp. 5.000.000
Rp. 55.000,-
5
>Rp. 5.000.000 s/d Rp. 10.000.000
Rp. 90.000,-
6
>Rp. 10.000.000   kenaikan setiap Rp. 5.000.000 atau bagian dari Rp. 5.000.000 berikutnya
Rp. 40.000,-

Negara Jaringan WPLN

Malaysia
Singapura
Jepang
Brunei Darussalam
Hongkong
Philipina
Korea
United Emirat Arab
Austria
Brazil
Taiwan
Thailand
Qatar
Iran





Tarif Wesel Berlangganan :
s/d 100.000
:
6.600
> 100.000 s/d 150.000
:
7.700
> 150.000 s/d 200.000
:
8.800
> 200.000 s/d 5.000.000
:
9.900
> 5.000.000 , kenaikan setiap 5.000 .000 atau bagian dari 5.000.000 berikutnya
:
2.200 (termasuk Ppn 10 %)

Product

Produk adalah sesuatu yang dapat ditawarkan pada suatu pasar guna mendapatkan perhatian untuk dimiliki, digunakan, dikonsumsi yang dapat memuaskan kebutuhan.
Suatu produk dapat berupa suatu benda, jasa dan keinginan lain-lain untuk melukiskan sesuatu yang dapat memenuhi keinginan. Untuk itu setiap pengusaha harus mengetahui perkembangan kebutuhan konsumen melalui penelitian pasar agar dapat mengetahui dan dapat menyesuaikan diri dalam menciptakan produk.

1.        JASA SURAT DAN PAKET :

A.    POSEXPRESS

Jenis layanan POSEXPRESS :

Sameday Service, Kiriman hari ini, tiba di tempat tujuan di hari yang sama.
Nextday Service, Kiriman hari ini, tiba di tempat tujuan keesokan harinya.

Keunggulan

·            Dijamin penyerahan kiriman POSEXPRESS ke alamat tujuan, maksimal sehari sampai, PASTI.
·            Tarif kompetitif, variatif dan menguntungkan.
·            Informasi tarif dan jaringan kiriman POSEXPRESS.
·            Jaminan ganti rugi atas ketepatan waktu penyerahan dan keamanan isi kiriman.
·            Aman terjaga, karena diasuransikan sepenuhnya oleh PT Pos Indonesia.
·            Jaringan POSEXPRESS terintegrasi dan terkoneksi dengan sistem teknologi informasi yang memungkinkan status kiriman lebih mudah dilacak dan diketahui.
·            Jaringan nasional POSEXPRESS meliputi 48 kota/ kabupaten serta regional di 201 kota/ kabupaten yang terus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat.
·            Pick up service disediakan bagi pengiriman POSEXPRESS dalam jumlah tertentu.

Jaringan nasional POSEXPRESS saat ini meliputi :

Sumatera dan Riau : Medan, Padang, Pekanbaru, Tanjungpinang, Batam, Palembang, Pangkalpinang, Bandarlampung, Jambi, Bengkulu
DKI Jakarta : Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Taman Fatahillah, Jakarta Selatan, Jakarta Mampang, Jakarta Timur, Jakarta Jatinegara, Jakarta Utara
Jawa Barat dan Banten : Tangerang, Ciputat, Bogor, Depok, Sawangan, Cibinong, Bekasi, Pondok Gede, Serang, Cilegon, Bandung, Cimahi, Ujungberung, Soreang, Purwakarta, Cirebon
Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta : Semarang, Semarang Erlangga, Jogjakarta, Solo
Jawa Timur : Surabaya, Surabaya Selatan, Malang, Sidoarjo
Bali dan Nusa Tenggara : Denpasar, Denpasar Sanglah, Mataram
Kalimantan : Banjarmasin, Balikpapan, Pontianak
Sulawesi : Makassar, Manado + jaringan regional di 201 kota di seluruh Indonesia

Ingin kiriman surat, dokumen, dan barang berharga Anda tiba lebih cepat dan tepat waktu ?

Gunakan POSEXPRESS, layanan istimewa dari Pos Indonesia untuk kota tujuan tertentu di Indonesia yang mengedepankan akurasi pengiriman, cepat, tepat, mudah dilacak dengan harga kompetitif. Kami jamin penyerahan kiriman POSEXPRESS maksimal sehari sampai, PASTI.

B.     SURATPOS BIASA (STANDAR)

Karakteristik

Dimensi Berat : maksimum 2 kg
Dimensi Ukuran :
·         Bentuk persegi : panjang, lebar dan tebal dijumlahkan 900 mm. Ukuran terbesar tidak lebih dari 600 mm
·         Bentuk Gulungan : panjang ditambah 2x garis tengah = 1.040 mm. Ukuran terbesar tidak lebih dari 900 mm.
Jaringan : lokal, regional dan nasional terbatas
Cara pelunasan : Dengan menggunakan Prangko sesuai dengan tarif yang berlaku untuk wilayah tertentu.
Keunggulan : Kemudahan akses dan jangkauan pelayanan /dapat di poskan di mana saja (bis surat, dsb)
Layanan pengiriman pesan dan barang secara impresif untuk semua lapisan masyarakat.

C.    PAKETPOS

PAKETPOS adalah layanan hemat untuk pengiriman barang-barang berharga dalam cakupan nasional maupun internasional. Gunakan PAKETPOS untuk mengirimkan barang-barang berharga Anda, kemanapun tujuannya sesuai keinginan Anda.

Jenis layanan PAKETPOS :

PAKETPOS STANDAR DALAM NEGERI, Layanan hemat untuk pengiriman barang dalam negeri.
PAKETPOS STANDAR LUAR NEGERI, Layanan hemat untuk pengiriman barang luar negeri.
PAKETPOS KILAT KHUSUS, Layanan prioritas pengiriman barang untuk kota tujuan tertentu di Indonesia. Garansi waktu tempuh kiriman dan ganti rugi jika terjadi keterlambatan.
PAKETPOS PERLAKUAN KHUSUS, Layanan pengiriman barang dengan perlakuan khusus tersebut, dapat disesuaikan dengan permintaan pelanggan seperti permintaan : Berita Terima, Reporting, Track and Trace, Pick Up Service, Inserting dan Pra Posting.

Keunggulan

·         Dijamin penyerahan kiriman PAKETPOS KILAT KHUSUS ke alamat tujuan, maksimal H+4 di seluruh Indonesia.
·         Tarif ekonomis dan kompetitif.
·         Informasi layanan, tarif dan jaringan kiriman PAKETPOS
·         Jaminan ganti rugi atas ketepatan waktu penyerahan barang dan keamanan isi kiriman.
·         Jaringan PAKETPOS KILAT KHUSUS terintegrasi dan terkoneksi dengan sistem teknologi informasi yang memungkinkan status kiriman lebih mudah dilacak dan diketahui.
·         Jaringan pengiriman barang melalui PAKETPOS KILAT KHUSUS menjangkau seluruh Indonesia (182 kota/ kabupaten) dan terus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat.
·         Pick up service disediakan bagi pengiriman barang dengan PAKETPOS dalam jumlah tertentu. Demikian juga, layanan tambahan dapat diberikan sesuai dengan kebutuhan pelanggan bisnis, antara lain berupa : Penyesuaian jangkauan pelayanan atau Standar Waktu Penyerahan, Pick Up Service, Bukti Pengeposan, Berita Acara Penyerahan Barang, Jejak Lacak, Garansi, Ganti Rugi, Reporting atau investigasi yang sifatnya customized by contract dengan tarif negotiable.
PAKETPOS Solusi Tepat Pengiriman Barang, Kemanapun Tujuannya Sesuai Keinginan Anda

POSKILAT KHUSUS

Gunakan POSKILAT KHUSUS, sebagai pilihan tepat untuk pengiriman Suratpos (Dokumen, Surat, Warkatpos, Kartupos, Barang Cetakan, Surat Kabar, Sekogram dan Bungkusan Kecil) serta barang berharga yang mengandalkan kecepatan kiriman dan menjangkau ke seluruh pelosok Indonesia.

Keunggulan

·         Dijamin penyerahan kiriman POSKILAT KHUSUS ke alamat tujuan maksimal dua hari untuk tujuan ibukota propinsi dan empat hari untuk tujuan ibukota kabupaten.
·         Tarif kompetitif sesuai manfaat dan standar kualitas yang diterima.
·         Informasi tarif dan jaringan kiriman POSKILAT KHUSUS.
·         Jaminan ganti rugi atas ketepatan waktu penyerahan dan keamanan isi kiriman.
·         Jaringan POSKILAT KHUSUS sudah terintegrasi dan terkoneksi dengan sistem teknologi informasi yang memungkinkan status kiriman lebih mudah dilacak dan diketahui.
·         Jaringan pengiriman POSKILAT KHUSUS menjangkau seluruh kota/ kabupaten di Indonesia.
·         Pengiriman barang melalui POSKILAT KHUSUS saat ini menjangkau di 182 kota/ kabupaten di seluruh Indonesia.
·         Pick up service disediakan bagi pengiriman barang atau POSKILAT KHUSUS dalam jumlah tertentu.
POSKILAT KHUSUS Solusi Tepat Kiriman Surat, Dokumen dan Barang Dalam Negeri.

D.    EXPRESS MAIL SERVICE (EMS)
Gunakan EMS sebagai layanan premium untuk pengiriman surat, dokumen dan barang ke luar negeri.
Keunggulan
·         Dijamin penyerahan kiriman EMS ke alamat tujuan, maksimal 3 - 5 hari (tidak termasuk waktu pemeriksaan Customs / Beacukai).
·         Tarif kompetitif berdasarkan tingkat berat dan negara tujuan, dalam mata uang US Dollar.
·         Informasi tarif EMS
·         Jaminan ganti rugi bila terjadi keterlambatan penyampaian, kiriman hilang atau rusak, sesuai ketentuan Universal Postal Union (Lembaga Pos Dunia).
·         PT Pos Indonesia memberikan kemudahan lacak jejak untuk mengetahui status kiriman.
·         Jaringan EMS menjangkau di lebih dari 230 negara yang terus akan dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat.
·         Fasilitas pembayaran secara kredit dan manfaat lain untuk para pelanggan besar dan korporasi, sesuai permintaan dan kesepakatan dengan pelanggan.
·         Syarat ukuran dan berat terpenuhi.
EXPRESS MAIL SERVICE (EMS) The Best Solution International Postal Services.


2.           JASA KEUANGAN :

A.    POSPAY
Pembayaran berbagai tagihan dan angsuran dapat Anda lakukan di Kantorpos yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia, dengan layanan yang lebih lengkap, lebih cepat dan tentunya akan sangat memudahkan transaksi pembayaran Anda. Gunakan POSPAY untuk pembayaran tagihan dan angsuran “apapun” secara online di Kantorpos.
Cukup di satu tempat, Anda dapat melakukan pembayaran berbagai tagihan dan angsuran “apapun” di Kantorpos, antara lain : Pembayaran Rekening Telepon, Seluler, Listrik (PLN), Air Minum (PDAM), Pajak, Asuransi, Angsuran Kredit (Finance), Kartu Kredit dan Personal Loan, Pengisian Pulsa, Zakat, Sodakoh, Infak, dan lain-lain. Pelayanan POSPAY di Kantorpos begitu mudah, lebih cepat, dan aman karena menggunakan Sistem Online Payment Point (SOPP) yang telah menjangkau hingga 2.192 jaringan Kantorpos di seluruh Indonesia dan pembukaan Agen-Agen POSPAY yang akan terus dikembangkan menyesuaikan dengan kebutuhan dan harapan masyarakat.
Pembayaran tagihan yang dapat diterima di Kantorpos dan Mitra Kerja yang saat ini sudah bekerja sama dengan PT Pos Indonesia untuk layanan POSPAY, antara lain :
Finance, (Angsuran Kredit) ADIRA Finance, (Federal International Finance) FIF, (Bussan Auto Finance) BAF, PT Summit Oto Finance (OTO Kredit Motor), WOM Finance, SUZUKI Finance, kreditplus, Prima Finance, Para Finance, PT Varia Intra Finance (VIF), Mandala Finance, BFI Finance, Avrist, PT Bhakti Finance, PT Semesta Citra Dana (Semesta Finance), Verena, MCF dan MAF, ITC Finance, Tunas Finance, Financial Multi Finance, GE Consumer Finance, Columbia Finance, Oto Multiartha, MBf, Mandiri Tunas Finance serta mitra lainnya.

Telekomunikasi, PT Telkom Indonesia, PT Telkomsel, PT Indosat (Mentari, Matrix, IM3), Bakrie Communications (Esia), PT Axiata Exelcomindo (XL), 3 (Three), PT NTS (Axis), Nusapro, Flash Mobile.

Perbankan, (Kartu Kredit, Personal Loan) Bank Muamalat, ABN AMRO, AIG Lippo, Takaful, BNI, bii, TKI, BTN, citibank, HSBC.

Lain-Lain, PT PLN (Persero), Rekening Listrik, PDAM Tirta Dharma, PALYJA (Rekening Air Minum), Pajak, Asuransi (AIG Lippo, Wana Artha Life), Zakat, Sodakoh, Infaq dan lain-lain.

Catatan :
Bayarlah berbagai tagihan rutin atau angsuran secara lebih awal sebelum jatuh tempo atau tepat pada waktunya dan tuliskan nomor-nomor rekening dan jumlah uang Anda dengan benar demi keamanan dan kenyamanan Anda. Yakinkan juga bahwa semua pembayaran telah Anda lakukan di Kantorpos.
        Jangan Lupa … POSPAY, Paling Lengkap, Paling Dekat

 

B.   WESELPOS

WESELPOS, layanan transfer uang cepat dalam negeri, dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan :
1.      Jangkauan luas, didukung oleh kantor pos on-line yang tersebar diseluruh Indonesia, sehingga memberikan kemudahan kepada Anda untuk melakukan transfer dan pengambilan uang melalui kantor pos terdekat.
2.      Cepat dan mudah, prosedur transfer yang cepat dan mudah, Anda tinggal mendatangi kantor pos terdekat serta mengisi dan menyerahkan formulir kepada petugas kami, setelah anda menerima slip transfer maka pada saat itu juga transfer uang Anda sudah dapat diambil di kantor pos terdekat. Anda dapat memberitahu secara langsung informasi kiriman kepada penerima atau kami akan sampaikan informasi tersebut melalui surat pos, telpon atau e-mail.
3.      Aman dan handal, tingkat keamanan yang berlapis, dari transaksi setor sampai dengan transaksi pencairan, memberikan kepastian bahwa tranfer uang anda akan kami serahkan kepada orang yang benar-benar berhak menerima.
4.       Terlacak, pelacakan kiriman melalui web.

 

WESELPOS PRIMA

Sarana pengiriman uang untuk tujuan diseluruh Indonesia dengan service level H+0/H+1 s.d. H+4. Produk Kiriman uang cepat sampai, bisa diantar sampai rumah
Moto : Jangkauan luas, tanpa account kami yang tercepat.
Visi : Memberikan Layanan cepat dengan jangkauan luas.
Misi : Membantu kebutuhan untuk pengiriman uang secara cepat keseluruh Indonesia.
Background : Untuk memenuhi kebutuhan pengiriman uang secara cepat keseluruh Indonesia tanpa account.
Komitmen : Harga terjangkau, kiriman uang aman sampai di tujuan dengan cepat.
Jangkauan Layanan : Seluruh Indonesia.

 

WESELPOS INSTAN (Remittance)

Gunakan WESELPOS INSTAN untuk pengiriman uang tercepat dengan tujuan ke seluruh Indonesia. WESELPOS INSTAN adalah layanan pengiriman uang baik dari maupun ke kota dan ke desa yang pasti sampai ke alamat tujuan dalam waktu seketika (secepat mengirim sms). Caranya sangat mudah : Cukup datang ke Kantorpos dan melakukan registrasi agar mendapatkan kode tertentu dari Petugas. Tak perlu menunggu lama. Bahkan dalam hitungan detik, penerima bisa langsung mencairkan uangnya. Benar-benar secepat sms dan dijamin aman.

Keunggulan

·         Penerimaan/ pencairan uang di Kantorpos dijamin dapat dilakukan dalam waktu seketika, PASTI.
·         Tarif pengiriman WESELPOS INSTAN kompetitif.
·         Pengiriman uang melalui WESELPOS INSTAN untuk tujuan dalam negeri dilayani di seluruh Kantorpos yang sudah terhubung secara online.
·         Jaringan saat ini ada di 3.831 Kantorpos maupun titik layanan lain serta layanan bergerak milik PT Pos Indonesia yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia.
·         Jaminan keamanan kiriman karena setiap transaksi dilengkapi sistem pengamanan kiriman uang berupa Nomor Transaksi Pusat (NTP) dan Personal Identify Number (PIN).
Catatan :
·         PIN (Personal Identification Number) adalah deretan angka dengan maksimal 6 (Enam) angka yang di-entrikan oleh Pengirim pada saat transaksi pengiriman uang dilakukan dan oleh Penerima pada saat transaksi pembayaran, melalui sarana Key Pad Numeric yang hanya diketahui oleh Pengirim dan Penerima.
·         NTP (Nomor Transaksi Pusat) adalah nomor yang di-generate secara terpusat oleh Sistem Pos Remittance yang tertera pada Resi, berupa deretan angka untuk setiap transaksi pengiriman uang. NTP harus dijaga kerahasiaannya dan hanya diberitahukan oleh Pengirim kepada Penerima untuk pencairan uang.

 

WESELPOS BERLANGGANAN

Sarana pengiriman uang untuk tujuan diseluruh Indonesia dalam jumlah uang yang tetap dan rutin. Kiriman uang dapat diterima dirumah.
Moto : Kami tidak pernah terlambat.
Visi : Membantu memenuhi kebutuhan uang tunai secara rutin dalam jumlah yang tetap.
Misi : Kebutuhan uang tunai terpenuhi tanpa ada kata terlambat.
Background : Memenuhi tuntutan masyarakat akan kebutuhan kiriman uang tunai secara rutin dan dalam jumlah yang tetap.
Komitmen : Biaya terjangkau ,kiriman uang dapat diterima tepat waktu secara rutin.
Jangkauan Layanan : Seluruh Indonesia

 

WESTERN UNION

WESTERN UNION adalah layanan penerimaan dan pengiriman (transfer) uang dari dan ke luar negeri melalui WESTERN UNION System dan Remitance Pos System di KANTORPOS.
Keunggulan :
·         Pelayanan transfer tercepat, yang dapat dibayarkan lima sampai lima belas menit sesudah transaksi pengiriman.
·         Tarif pengiriman uang melalui WESTERN UNION di KANTORPOS, progresif berdasarkan besar uang yang dikirimkan.
·         Informasi tarif kiriman uang selengkapnya
·         Pengiriman dan penerimaan uang melalui WESTERN UNION dari dan untuk tujuan ke luar negeri dilayani di seluruh KANTORPOS yang sudah terhubung secara online.
·         Jaringan outlet WESTERN UNION ada di lebih dari 183 negara dengan sekitar 76.000 titik layanan yang menjadikan layanan ini lebih mudah diakses, aman, cepat, dan dapat dipercaya.
·         Pos Indonesia saat ini telah menyediakan sekitar 3.831 outlet tetap maupun layanan bergerak yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia dengan dukungan infrastruktur yang handal sehingga pengiriman dan penerimaan uang melalui WESTERN UNION di KANTORPOS menjadi lebih cepat, lebih dekat dan PASTI menjadi mudah.
·         Keamanan kiriman terjamin karena setiap transaksi dilengkapi sistem pengamanan kiriman uang berupa Money Transfer Control Number (MTCN) yaitu nomor unik yang digunakan dalam pengiriman dan pembayaran layanan WESTERN UNION di KANTORPOS.

Tiga Langkah Mudah Mengirim dan Menerima WESTERN UNION di KANTORPOS
1.      Datang ke KANTORPOS terdekat, isi Formulir Pengiriman/ Pengambilan WESTERN UNION. Untuk keperluan penerimaan uang, jangan lupa menuliskan nomor MTCN pada formulir.
2.      Serahkan uang beserta formulir yang sudah terisi dan dapatkan Bukti Pengiriman Uang. Tunjukan Kartu Identitas Anda beserta formulir yang sudah terisi kepada Petugas Pos untuk keperluan penerimaan atau pengambilan uang. Uang akan segera Anda terima bersama dengan Bukti Penerimaan Uang.
3.      Beritahukan (Telepon) Penerima bahwa uang telah Anda kirimkan dan sampaikan nomor rahasia MTCN.
        WESTERN UNION di KANTORPOS, Sudah Pasti Lebih MUDAH.

C.   GIROPOS

Layanan transaksi keuangan yang berbasis rekening koran sebagai alternatif layanan perbankan dengan jangkauan yang lebih luas dan tersebar di seluruh Indonesia serta terhubung secara real time online untuk penerimaan setoran, penarikan (pembayaran dengan Cek) dan pemindahbukuan menggunakan teknologi berbasis core banking system.
Layanan GIROPOS bersifat komprehensif dan dapat digunakan oleh individu atau institusi dengan jaringan yang luas karena dapat dilayani oleh seluruh outlet pos online. Fasilitas Website (PC Banking) untuk keperluan cek saldo dan pemindahbukuan bagi pemegang rekening Giropos institusi.
Manfaat: sebagai sarana transaksi antar rekening, dari satu rekening ke satu rekening lainnya atau dari satu rekening ke banyak rekening. Pengambilan uang tunai dengan Cekpos dan atau slip penarikan serta penerimaan setoran tunai ke dalam rekening.
GIROPOS merupakan SOLUSI bagi individu atau institusi yang mempunyai kebutuhan untuk penampungan dan pendistribusian dana yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia.”
D.   FUND DISTRIBUTION
Layanan penyaluran dana dari perusahaan dan atau lembaga untuk masyarakat (many to one) secara account to cash atau account to account.
Layanan ini meliputi :
·         Pembayaran Pensiun Pegawai PNS dan ABRI
·         Penyaluran Dana program-program dana pemerintah/lembaga
Mitra Kerja :
·         Departemen Sosial : BantuanLangsung Tunai (BLT),Program Keluarga Harapan (PKH).
·         Departemen Kesehatan : Pembayaran Gaji Dokter PTT/Bidan Desa.
·         Dinas Pendidikan : Pembayaran Dana BOS.
E.   BANK CHANELLING
Layanan perbankan yang ada di Kantor Pos, meliputi tabungan (saving) dan kredit.
Layanan ini meliputi :
·         Tabungan: Layanan simpan yang dimiliki oleh Bank di mana pos berperan dalam kegiatan di front office
·         Kredit: Penyaluran Kredit untuk pensiunan oleh Bank di Kantor Pos
Mitra Kerja :
·         Tabungan : Bank Mandiri,Bank BTN (Tabungan e-batara pos), Bank Muamalat Indonesia (Tabungan shar-e)
·         Penyaluran Kredit : Bank Mandiri,Bank BRI, Bank BTPN, Koperasi

3.              JASA LOGISTIK :

A.    LOGISTIK

CUSTOMIZED, Layanan pengiriman barang dengan spesifikasi dan harga sesuai dengan permintaan/kesepakatan.

LAYANAN KARGO

Beberapa jenis layanan kargo yang kami tawarkan :


Point to Point
·         Layanan pengiriman barang dari gudang Pengirim langsung ke gudang Penerima.
·         Harga dapat dinegosiasikan.
Kargo Pos (Paket Optima)
·         Solusi untuk kiriman Anda tanpa batasan ukuran dan berat.
·         Untuk dikirim ke/dari dalam dan luar negeri dengan layanan Door to Door, Door to Port, Port to Door, Port to Port sesuai dengan permintaan.
·         Garansi Asuransi ongkos kirim dan Nilai Barang.
·         Pengurusan penyelesaian dokumen.
·         Tarif kompetitif.

 

B.     LAYANAN LOGISTIK LAINNYA

Layanan logistik lainnya yang kami tawarkan antara lain :
·         Warehousing
·         Customs Clearance
·         Management Inventory
·         Marking & Labelling / Praposting
·         Tracking

4.            ADMAILPOS
Untuk kebutuhan bisnis Anda yang membutuhkan layanan terintegrasi pencetakan dokumen? sekaligus inseri brosur? berikut pengamplopan dan pengantaran dokumen serta pelaporan status hasil antaran secara elektronik? ADMAILPOS solusinya !
ADMAILPOS adalah layanan pengelolaan essensial mail, advertising mail, Hybrid Mail dan direct mail lainnya yang meliputi :
·         Layanan percetakan digital (production) dan delivery melalui one stop services untuk billing/account statement, rekening koran, invoice tagihan dan solo mail
·         Pengamplopan (inserting) surat secara mekanik ke dalam sampul
·         Layanan pra posting, menggunakan berita terima atau non way bill
·         Layanan penunjang berupa penyediaan raw material produksi dan inventory management
Keunggulan ADMAILPOS :
·         Kekuatan Alat Produksi, berupa : Mesin Percetakan (digital High-Speed Printing), Mesin insersi (Pengamplopan) Intel Mail Inserting (Insersi brosur tertentu terhadap alamat terpilih), mesin pelipat brosur dengan berbagai tipe lipatan, mesin Addressing, Cancelling dan Barcode Reading, Gedung kantor dan tempat produksi, Software Formatting, Back Up Site dan keamanan database pelanggan, dukungan operasi, distribusi dan antaran oleh Pos Indonesia.
·         Pencetakan secara duplex (bolak balik).
·         Pembuatan file pdf per account untuk keperluan customer service pelanggan.
·         Delivery dengan beberapa pilihan service-level.
·         Reporting status delivery base on Web.
ADMAILPOS berpengalaman dalam mendukung berbagai aktivitas usaha, baik di bidang telekomunikasi (INDOSAT, TELKOM), Perbankan (Bank Muamalat, Bank Btpn, Bank BTN), COURTS, CIGNA, AIG LIPPO, BAF, Organisasi massa, organisasi politik atau sebagai agen pembangunan dalam mendukung program pemerintah, selain bekerjasama dengan berbagai kalangan usaha dalam pelayanan advertising mail.
ADMAILPOS, One Stop Integrated Mailing Sollution

5.            FILATELI

FILATELI adalah hobi mengumpulkan atau mengoleksi dan mempelajari segala hal tentang Prangko dan benda pos lainnya. Bukan sekadar hobi, tetapi aktivitas FILATELI dapat memperluas wawasan dan pengetahuan. FILATELI merupakan salah satu jalan untuk berinvestasi. Untuk keperluan tersebut, Pos Indonesia dengan setia akan menyediakan semua kebutuhan para Filatelis (Kolektor Prangko) dengan memproduksi Prangko dan melayani penjualan benda-benda Filateli Indonesia melaui beberapa Kantor Pos dan Kantor Filateli Jakarta.
Benda-Benda Filateli yang tersedia di Kantor Pos dan Kantor Filateli Jakarta antara lain : Bermacam-macam seri Prangko, Minisheet maupun Fullsheet, Carik Kenangan (Souvenir Sheet), Booklet, Warkatpos, Kartupos berterakan Prangko, Carnet, Maximum Card, Sampul Hari Pertama dan berbagai macam sampul Filateli lain serta berbagai macam Kemasan Prangko dan Merchandise.

Berani Tampil Unik dengan Prangko Pribadi

PRISMA atau PRangko IdentitaS Milik Anda adalah Prangko (asli) yang dapat menampilkan gambar, wajah, logo atau image lainnya sesuai permintaan Anda. PRISMA dapat digunakan juga untuk pengiriman surat dengan desain Prangko yang tentunya unik, berbeda dan menjadi sangat pribadi. PRISMA dapat juga digunakan untuk keperluan pencitraan, kampanye atau untuk keperluan promosi produk dan atau perusahaan Anda.
Pembuatan PRISMA secara langsung atau yang dapat ditunggu dan dilakukan foto setempat, dapat dilayani di Kantor Filateli Jakarta atau di beberapa Kantor Pos antara lain di kota Medan, Batam, Pekanbaru, Palembang, Bogor, Serang, Bandung, Cirebon, Semarang, Jogjakarta, Solo, Surabaya Utara, Surabaya Selatan, Jember, Malang, Madiun, Kediri, Denpasar, Kupang, Pontianak, Makassar dan Jayapura. Untuk pelanggan PRISMA yang berada di kota-kota lain yang tidak terdapat mesin PRISMA, dapat melakukan pemesanan melalui Kantor Pos terdekat di kota Anda.

Place
Produk yang telah dihasilkan oleh suatu perusahaan akan lebih berguna bagi konsumen/pembeli apabila produk tersebut tersedia pada tempat dan saat dimana saja dibutuhkan.
Dalam pencapain tujuan utama dari pemasaran yakni menyalurkan barang-barang atau jasa. Secara efisien dari produsen ke konsumen, maka diperlukan adanya kegiatan penyaluran (distribusi) sebagai mata rantai yang harus dilalui oleh barang-barang dari produsen ke konsumen pada waktu dan jumlah yang tepat.
Barang yang dihasilkan oleh para produsen biasanya tidak secara langsung mereka menjualnya kepada konsumen, tetapi biasanya mereka melalui suatu perantara agar produk yang dihasilkan dapat dengan mudah sampai ke tangan konsumen.

Sebagaimana dikemukakan dalam sejarah PT. Pos Indonesia (Persero), memanfaatkan insfrastruktur jejaring yang dimilikinya yang mencapai sekitar 24 ribu titik layanan yang menjangkau 100 persen kota/kabupaten, hampir 100 persen kecamatan dan 42 persen kelurahan/desa, dan 940 lokasi transmigrasi terpencil di Indonesia. Seiring dengan perkembangan informasi, komunikasi dan teknologi, jejaring Pos Indonesia sudah memiliki 3.700 Kantorpos online, serta dilengkapi elektronic mobile pos di beberapa kota besar. Semua titik merupakan rantai yang terhubung satu sama lain secara solid & terintegrasi. Produk PT. Pos Indonesia dapat dijumpai di semua titik layanan ( 24.000 titik) di seluruh wilayah Indonesia. Adapun titik-titik layanan dimaksud adalah :
a.       Kantor Pos;
b.      Kantor Pos Cabang;
c.       Pos Keliling Kota;
d.      Pos Keliling Desa;
e.       Agenpos;
f.       Postshop.


Promotion
Promosi adalah suatu usaha perusahaan atau individu memberikan informasi dan mempengaruhi serta menarik konsumen secara lansung terhadap produk yang dihasilkan.
Promosi adalah cara yang efektif dalam merebut konsumen dipasaran, serta memperkenalkan barang - barang baru yang diproduksi.
PT. Pos Indonesia memasarkan produknya melalui beberapa media dan dilakukan baik secara langsung maupun tidak langsung, baik itu media cetak maupun media elektronik serta melalui seminar-seminar serta penyebaran brosur.













VI.           Analisa Internal (Keuangan dan Struktur Organisasi)


http://www.posindonesia.co.id/images/profil-perusahaan/so-kd54.jpg

KOMISARIS

Komisaris berfungsi mengawasi tindakan Direksi serta berwenang dalam memberikan nasehat kepada Direksi sesuai dengan Anggaran Dasar dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Selain itu Komisaris harus pula memantau efektifitas praktek good corporate governance yang diterapkan Perusahaan. Dalam menunjang pelaksanakan tugasnya Komisaris dapat mempertimbangkan untuk membentuk Komite-komite. Adapun anggota Komisaris terdiri dari 5 orang, yaitu :

  • Daddy Hariadi, Komisaris Utama
  • Basuki Yusuf Iskandar, Anggota Komisaris
  • Tumpak Hatorangan Panggabean, Anggota Komisaris
  • Harry Z. Soeratin, Anggota Komisaris
  • Farid Harianto , Anggota Komisaris

KOMITE DI BAWAH KOMISARIS

Komite Audit
Komisaris dalam memastikan efektifitas sistem pengendalian intern dan efektifitas pelaksanaan tugas eksternal auditor dan internal auditor menugaskan Komite Audit untuk melakukan pemantauan berkala dengan memanfaatkan laporan hasil pengujian oleh Satuan Pengawasan Intern. Berdasarkan Keputusan Komisaris PT Pos Indonesia (Persero) Nomor 145/Kep-KU/2005 tanggal 01-09-2005 tentang Pengangkatan Anggota Komite Audit, anggotanya terdiri dari :

  • Harry Z Soeratin, Ketua Komite Audit (Anggota Komisaris)
  • Wilson RL Tobing, Anggota Komite Audit
  • Prihartono,Anggota Komite Audit
  • Ina Primiana,Anggota Komite Audit
  • Riko Hendrawan,Anggota Komite Audit

DIREKSI

Direksi dalam melaksanakan tugasnya harus mematuhi Anggaran Dasar Perusahaan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugasnya kepada pemegang saham. Direksi terdiri atas enam Direktur, termasuk Direktur Utama dan dua anggota Direksi berasal dari kalangan di luar perusahaan. Adapun anggota dewan direksi tersebut terdiri dari :

  • I Ketut Mardjana, Direktur Utama
  • Sukatmo Padmosukarso, Wakil Direktur Utama
  • Tavip Parawansa, Direktur Keuangan
  • Budi Setiawan, Direktur Teknologi & Jasa Keuangan
  • Setyo Riyanto, Direktur Pemasaran dan Pengembangan Bisnis
  • Ismanto, Direktur Operasi Suratpos dan Logistik
  • Entis Sutisna, Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum

SEKRETARIS PERUSAHAAN

Sekretaris Perusahaan bertanggung jawab kepada direksi yang bertugas sebagai pejabat penghubung (Reliaison officer) dan menatausahakan serta menyimpan dokumen Perusahaan, termasuk risalah Rapat Direksi maupun Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Sekretaris Perusahaan juga harus memastikan bahwa Perusahaan mematuhi peraturan tentang persyaratan keterbukaan yang berlaku.
Bagian Good Corporate Governance dan Manajemen Resiko merupakan salah satu bagian di bawah Sekretaris Perusahaan yang berfungsi mengendalikan implementasi Good Corporate Governance, termasuk Internal Control System dan Risk Management, dan sebagai Liaison Officer dalam penerapan Good Corporate Governance untuk menjamin praktek-praktek pengelolaan perusahaan secara baik, benar, transparan dan profesional.

SATUAN PENGAWASAN INTERN (SPI)

Satuan Pengawasan Intern membantu direksi untuk melakukan pengujian secara periodik atas penerapan prinsip-prinsip Good Corporate Governance dan efektifitas kegiatan melalui penilaian yang independen.



VII.       Analisa Eksternal (Pesaing)

Suatu industri berbeda antara satu dan lainnya didasarkan atas karakteristik ekonomi (produk yang dihasilkan dan konsumen yang diperebutkan), situasi persaingan, dan prospek perkembangannya di masa datang.
Walaupun kekuatan persaingan dalam suatu industri tidak persis sama, namun secara umum , persaingan dalam suatu industri terbentuk dari lima kekuatan pembentuk persaingan
http://diazvetiauda.files.wordpress.com/2010/03/gambar.jpg?w=333&h=218
Sebagai pedoman dasar bagi perusahaan dalam menghadapi lingkungan persaingan dalam industri, maka strategi manager dapat menerapkan beberapa pendekatan berikut
1. Melindungi perusahaan dari pengaruh lima kekuatan persaingan yang terbentuk
2. Berupaya mempengaruhi aturan persaingan dalam industri untuk kepentingan perusahaan
3. Memperkuat posisi persaingan untuk maksud agar perusahaan dapat lebih banyak bermain peran dalam persaingan
Berikut ini adalah analis mengenai lima kekuatan persaingan menurut M Porter pada PT Pos Indonesia.
1.Substitusi
Persaingan berdasarkan substitusi merupakan persaingan dari produk atau jasa alternatif. Dalam hal ini persaingan substitusi PT Pos Indonesia ini adalah layanan internet yang menyediakan surat elektronik dan jejaring sosial maya. Strategi yang dilakukan pada PT. Pos Indonesia adalah penciptaan nilai tambah bagi pelanggan melalui penurunan harga, peningkatan layanan, implementasi yang lebih cepat dan fleksibel, meyakinkan dan memberikan keamanan informasi produk – produk PT POS INDONESIA kepada pelanggan.
2.Pemasok
Dalam upaya mempercepat pembangunan, dibutuhkan penyediaan dana investasi. Terkait dengan dana investasi, PT Pos Indonesia menggunakan dana internal maupun eksternal yaitu melalui kemitraan dan pinjaman bank. Saat ini PT Pos Indonesia sedang melaksanakan program modernization and empowerment. Program itu tentu mengandung konsekuensi perubahan strategis. Antara lain pembenahan business model, peningkatan dan penajaman brand image (corporate identity) PT Pos Indonesia, perubahan divisi regional sebagai profit centre, infrastruktur bisnis berbasis ICT (information communication technology).
Untuk menghadapi persaingan pemasok, PT Pos Indonesia melakukan hubungan yang baik dengan para pemasoknya seperti bank.
3.Pengguna jasa
Pengguna jasa pada PT Pos Indonesia adalah masyarakat umum dari semua kalangan yang ingin melakukan pengiriman barang, uang, atau surat-surat dengan menggunakan pos. Sedangkan untuk mempertahankan konsumen PT Pos Indonesia berusaha untuk lebih meningkatkan fasilitas dan pelayanan serta kepercayaan para pelanggan.
4.Persaingan antar penjual dalam satu industri
Persaingan yang semakin ketat dalam bisnis perposan, harus dipandang sebagai tantangan dan momentum bagi PT Pos Indonesia untuk menunjukkan kinerjanya. Pemberlakuan Undang-undang No 38/2009 tentang Pos, mengantarkan persaingan bisnis perposan semakin mengglobal dan terbuka. Untuk menghadapi persaingan bisnis itu, PT Pos Indonesia dituntut mampu bersaing dengan para kompetitor domestik maupun internasional. Dengan strategi improvement layanan kepada para customer, kami optimistis siap menghadapi era liberalisasi pos tersebut.

Beberapa contoh yang telah dan sedang kami lakukan dalam upaya peningkatan kinerja PT Pos Indonesia, yaitu modernisasi kantor pos yang diwujudkan pada gedung maupun layanan pos, di antaranya mail services, financial services, maupun logistik, sehingga mampu memenuhi kebutuhan pelanggan. Misalnya layanan keuangan akan dibenahi dengan aplikasi core banking system yang setara dengan perbankan.
Begitu pun dengan mail dan logistics, telah dilengkapi teknologi IT yang andal. Di antaranya, perbaikan system support untuk seluruh layanan financial services, mail services, dan logistics services. Perbaikan SDM khususnya di front office harus lebih profesional. Pegawai front office tentu harus mengedepankan penampilan, sikap, dan product knowledge-nya.
5.Pendatang baru potensial
Pendatang baru potensial dalam bisnis perposan adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pengiriman seperti Fedex, DHL, TIKI. Cara PT Pos Indonesia dalam menghadapi para pendatang baru potensial ini adalah dengan memberikan harga yang terjangkau, kenyamanan dan keamanan dalam dalam pengiriman, serta tepat waktu dalam melakukan pengiriman.







VIII.  Analisis SWOT

Dalam mengahadapi era globalisasi perusahaan-perusahaan yang kecil maupun besar diharapkan mempunyai suatu inovasi-inovasi maupun strategi yang jitu untuk bisa mempertahankan kredibilitasnya dalam dunia bisnis. Seperti dalam aspek produksi barang dan jasa, kemudian dari segi personalia yang menggerakkan roda perusahaan, lalu finance kunci dimana suatu perusahaan itu bisa meraih keuntungan dan memanage aktiva yang dimiliki perusahaan, dan yang terakhir adalah marketing yaitu bagaimana perusahaan tersebut menganalisis informasi yang diapat dari lingkup eksternal. Sehingga dapat memproduksi dan memasarkan barang dan jasa yang tepat sesuai dengan kebutuhan pasar.
Keterbukaan informasi dan era pasar bebas dunia yang diikuti dengan pembentukan kerjasama melalui regionalisasi kekuatan ekonomi (GATT, WTO, AFTA, APEC) adalah nuansa baru kemitraan masa depan. Untuk mensikapi gejala-gejala ini perlu adanya suatu pengaturan melalui strategi jangka panjang. PT. POS Indonesia sebagai salah satu BUMN di Indonesia tidak terlepas dari pengaruh kondisi strategis di atas. Sebagai pengelola jasa hantaran pos nasional yang diarahkan pada profit oriented, PT. Pos Indonesia dihadapkan pertumbuhan demand yang tinggi dan langsung berhadapan dengan perusahaan global yang berperilaku lokal dalam arti memiliki pertumbuhan pangsa pasar yang berarti. Sehingga, proses pemikiran kembali dalam perencanaan strategis menjadi sangat penting untuk pencapaian visi dan misi perusahaan. Dalam menyusun strategi bagi PT. Pos Indonesia dilakukan analisis meliputi faktor lingkungan eksternal, struktur industri, dan lingkungan internal, sehingga akan dapat didentifikasi peluang, ancaman,kekuatan ataupun kelemahan perusahaan. Hal ini tentu dengan memperhatikan kompetensi inti perusahaan dan faktor kunci sukses yang perlu dimiliki oleh perusahaan.